Begini Spontanitas Mengatasi Rasa Malu Saat Menyebarkan Brosur

Ketika pertama kali kita hendak menyebarkan brosur, apalagi sendirian rasanya seperti berada di lorong gelap. Disini gelap, disana gelap dimana-mana hatiku gelap ^_^. Terlebih lagi saya yang sebetulnya punya sifat introvert, minderan dan pribadi kuper.

Namun titik balik perubahan dimulai selama masa perkuliahan, bahkan tanpa diduga waktu itu saya terpilih sebagai mahasiswa teraktif oleh teman-teman satu angkatan. Hehe.

Mengatasi rasa malu saat menyebarkan brosur di jalan
Gambar Ilustrasi

Hanya saja, rasa malu tidak akan pernah luput dari siapapun kecuali orang yang hilang akal (orang gila). Ya, ketika hendak menyebarkan brosur penawaran menjadi agen pulsa membuat saya keringatan sesampainya di depan gerbang Mesjid Raya Bogor. Wah, “bijimana nih gan, belum apa-apa pedagang kaki lima udah pada liatin ane. Kan jadi malu ane”.

Mulailah saya mencoba menenangkan diri dan rileks, dengan duduk di pembatas jalan. Alibinya sih, hendak mengajak ngobrol pedagang. Inilah spontanitas saya mengatasi rasa malu saat itu. Namun, keberanian untuk mengajak ngobrol salah satu pedagang luput, ketika melihat wajah target pedagang murung, seolah tiada harapan. Akhirnya, saya keringatan lagi. “widih, kapan ane mau nyebar brosur nih kalau begindang (dalam hati)”.

Ya biasanya, saya berani ngobrol dengan pedagang yang cari muka dulu atau yang sering cuap-cuap.

Diputuskan, mari kita pindah tempat ! Saya pilih di terminal. Mulailah saya berjalan menuju terminal melewati deratan pedagang yang masih saja pada liatin saya. Bernostalgia sejenak ketika melintasi gerbang pintu bertuliskan “MAN 2 Kota Bogor”, sambil mengingat-ngingat 99 nama Allah yang dulu sempat bisa saya hafal karena dilafadzkan setiap pagi hari menjelang pembelajaran di sekolah.hihi. “Nasaluka ya man huwallohuladzi laa illahaillahuarrahmanurrahim...(apalagi yah bray, yang merasa alumni MAN dilanjutin yeh)”.

Di sepanjang jalan, “kenapa orang-orang pada liatin ane ? “apa ane kegantengan yak gan..” Whatever, yang saya tahu saya seorang pria, kurus, cukup pendek namun “putih & ganteng, ^_^wakwak”.

Sampailah di terminal, melihat berbagai macam makhluk hidup. Mulai dari yang pakai kecamata, ala Bob Marley, ibu sepatu high heels, jejak si gundul, sampai ala seragam petugas. Akhirnya gan...”saya keringatan lagi”. I lost my self confidence !” (saya gak berani gan). Meskipun sempat ingin mengajak ngobrol orang terminal sebelah saya.

Tanpa saya sadari, ketika saya tidak memiliki keberanian dan merasa malu secara spontan timbul stimulus untuk mengajak ngobrol orang situ. Artinya, dengan mengobrol terlebih dahulu dengan masyarakat setempat saya bisa lebih percaya diri dan berani bahkan akhirnya saya tawari tukang ojek dekat jembatan penyebrangan untuk berjualan pulsa. Ya, puluhan brosur akhirnya berhasil saya sebarkan kepada setiap orang yang lewat di bawah turunan tangga jembatan penyebrangan beberapa meter dari terminal.

Semua itu diawali dengan menyapa tukang ojek, “pak, sepi nya upami tidieu saeutikan ning”. “nya antosan qin ge loba nu lewat, makin sore makin loba dek”. "siap pak"

Kuingat lagu “cold play- Sky Full Stars” sambil membayangkan film-nya Top Ittipat. Meski apa yang saya lakukan tidak ada apa-apanya dibanding si Top, namun saya menikmati proses tersebut. Sedikit-sedikit tapi pasti.


Dari sapaan tersebut, menjadi akrab - bahkan tukang ojek tersebut sempat curhat mengenai kondisi dulu dan sekarang. Ia sudah mangkal di lokasi tersebut berpuluh tahun lamanya. Heran juga, tukang ojek ini terlihat hanya sendirian di pangkalan yang tidak seperti pangkalan ojek pada umumnya. Kata beliau sih, teman-temannya "lagi narik bus". Wat eper lah, di akhir cerita saya paksa tukang ojek untuk mengantarkan saya. Eh dia malah ngeyel"Mending duitnya disimpen ajah ditabung, mun bade ka Swalayan Ada mah ya jalan ajah deket". Iya juga sih, sebenarnya saya ingin jalan kaki. Namun saya tetap paksa tukang ojek dan akhirnya ia mau mengantar saya. Saya beri uang Rp 10 ribu, "mahi teu kang ?" "Nya wios, nuhun-nuhun"


Saya tidak akan pernah lupa "Itu namannya kreatif, yang penting berusaha." Itu motivasi dari tukang ojek ketika saya menyebarkan brosur.
First

6 comments

Mantap nih, tadi saya cari bagaimana cara mengatasi rasa malu untuk membagikan Brosur dan jumpa di blog agan, kalau begitu coba saya terapin ya gan.. :)

haha, mantap gan tipsnya ... mudah-mudahan berguna suatu saat nanti buat ane gan :D

Jadi mana tipsnya nih gan ? :))
By the way ane juga pernah nyebarin brosur dan emang malu banget sih, tapi satu tekat ane ya demi duit. Kalau ga nyebar itu brosur ane ga dapet makan mau gimana lagi hehe. Malu ama orang yang ga dikenal gpp toh. Beda cerita ketika nyebarin brosur lewat sang pujaan hati yang dinanti - nanti menjadi isteri.

Btw numpang ya mas gan buat yang lagi cari hosting boleh mampir ke tempat saya di https://www.hostingan.id/

hhaha benar banget sob kadang2 malu gengsian gitu hihi

mantep nih gan , buat ane nanti misal di suruh buka bazzar syukron

melawan rasa malu yah gan...?? boleh juga nii


EmoticonEmoticon